Jumat, 15 Juni 2012

Open Source

        Open source adalah pengembangan metode Suatu perangkat lunak yang didistribusikan Memanfaatkan Kekuatan peer review dan Transparansi proses. Janji open source adalah kualitas yang lebih baik, keandalan yang lebih tinggi, lebih fleksibel, biaya rendah, dan mengakhiri predatory vendor lock-in. Janji open source adalah kualitas yang lebih baik, keandalan yang lebih tinggi, lebih fleksibel, biaya rendah, dan mengakhiri pemangsa vendor lock-in.
      Open Source Initiative (OSI) adalah sebuah lembaga nirlaba yang dibentuk untuk mendidik sekitar dan advokasi untuk manfaat dari open source dan untuk membangun jembatan antara berbagai konstituen dalam komunitas open source.
      Salah satu keuntungannya lagi adalah open source software ini dapat menggantikan software-software berbayar seperti Sistem Operasi Windows yang berbayar dapat diganti dengan Linux yang merupakan Open Source Software, begitu juga dengan Ms.Office yang dapat digantikan dengan Open Office dan masih banyak lagi software-software berbayar lain yang dapat digantikan dengan Open Source Software. Pengembangan open source software melibatkan banyak orang dari berbagai penjuru dunia yang berinteraksi melalui internet. Maka bermunculanlah berbagai macam software yang dibuat berbasis open source ini yang dipublikasikan melalui internet. Pola open source ini telah melahirkan developer-developer handal dari berbagai penjuru dunia.
        Free software disini juga bukan program kacangan. jangan beranggapan bahwa barang yang diperoleh  gratis, jelek kualitasnya. Karena sudah terbukti kehandalannya. Karena free software berbasis open source telah melalui proses perbaikan yang terus menerus.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar